Jl. Ir. H. Djuanda No. 95 Ciputat pbsi.fitk@apps.uinjkt.ac.id

Profil Program Studi

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia bertujuan menghasilkan calon pendidik yang Islami dan memiliki kompetensi utama, Kompetensi pedagogik: 

  1. Kompetensi pedagogik:  Menguasai karakteristik peserta didik, menguasai teori  belajar, mengembangkan kurikulum, emanfaatkan teknologi  informasi dan komunikasi, menyelenggarakan penialaian  dan evaluasi pembelajaran, dan melakukan tindakan  reflektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran;

  2. Kompetensi kepribadian:  Memiliki etos kerja yang tinggi dan menjunjung tinggi  kode etik profesi guru;

  3. Kompetensi sosial:  Bersikap inklusif, objektif, empatik, dan berkomunikasi  secara efektif;

  4. Kompetensi professional:  Menguasai keilmuan bahasa dan kesusastraan,  mengembangkan materi secara kreatif, dan mengembangkan  keprofesionalan secara berkelanjutan.

Visi

Menjadi pusat kajian dan kreativitas bahasa dan sastra indonesia yang berwawasan keislaman, keindonesiaan dan kemanusiaan

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menyiapkan calon pendidik di bidang bahasa dan sastra indonesia
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan untuk menghasilkan karya dan temuan di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat untuk memperkuat dan mengembangkan keilmuan bahasa dan sastra indonesia berbasis nilai-nilai keislaman, keindonesiaan, dan keilmuan

Kompetensi Program Studi

Program studi kami menawarkan kompetensi yang mencakup pemahaman konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa; pemahaman hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa; pemahaman kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa; penguasaan kaidah bahasa sebagai acuan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar; pemahaman teori dan genre sastra; serta kemampuan untuk mengapresiasi karya sastra secara reseptif produktif yang mencerminkan nilai-nilai keislaman, keindonesiaan, dan kemanusiaan.

Handbook Kurikulum

Akreditasi

Leave a Reply